Senin, 06 Agustus 2012

Buah Tiin

Kalau ada buah yang secara jelas disebut dalam Al-Quran adalah buah Tiin bersama dengan buah Zaitun sebagaimana disebutkan dalam surah At-Tiin (surah ke 95 dalam Al-Quran).

Buah Tiin adalah sejenis tumbuhan penghasil buah yang berasal dari Asia Barat, dan masih termasuk kerabat pohon beringin. Buah Tiin dikenal juga dengan nama "Ara" sedangkan dalam bahasa inggris disebut "Fig".

Buah dengan segala kelebihan khasiat yang dimilikinya membuat buah ini sangat layak dan disarankan untuk dimiliki oleh umat muslim. menurut ahli kesehatan kalau kita baca-baca diliteratur buah Tiin dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi, terapi untuk penderita wasir, mengobati radang tengorokan, rebusan daunnya pun bisa menjadi peluruh batu ginjal dan banyak lagi khasiat lainnya.

Buah Tiin mempunyai banyak macam diantaranya Tiin Jordan Hijau, Tiin Ungu, Brown Turkey Figs, Long Yellow Figs, Conadria Figs, Red Israel Figs, Negronne Figs France, dan Black Ischia Figs Italy. diantara jenis buah Tiin tersebut Tiin Jordan Hijau adalah jenis buah Tiin yang paling populer di Indonesia, karena disamping paling adaptif juga mampu berbuah sepanjang tahun. Lihat saja di pot saja dengan perawatan minimal, buah ini bisa berbuah terus sepanjang tahun, alhamdulilah...

namun sayangnya di Indonesia sendiri saat ini masih sedikit yang mau membudidayakannya mungkin karena bibitnya sendiri masih sangat jarang.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar